menentukan median

Persoalan matematika memang tidak ada habisnya, termasuk cara menentukan median yang sering diajarkan di sekolah. Untuk dapat menemukan median pun tidak sulit sebenarnya, hanya perlu pemahaman saja. Untuk lebih lanjutnya, simak berikut ini penjelasannya yaitu:

Tentang Median

Menjadi salah satu bagian dari ilmu statistik, median tentu sering dijumpai. Hal ini biasanya bersamaan dengan adanya mean dan modus yang sering dikaitkan dengan ilmu statistika. Membuat ketiga dari bidang ilmu statistika tersebut sangat populer dalam perhitungan.

Median adalah salah satu metode deskriptif yang dapat menunjukkan pusat dari suatu data atau perwakilan. Kesulitan dalam mencari nilai median pun sebenarnya relatif. Hal ini disebabkan oleh tingkat pemahaman yang berbeda beda pada setiap orang.

Dalam mencari median, seseorang juga diharuskan mempunyai tingkat kesabaran yang cukup tinggi. Bukan hanya itu saja, tingkat ketelitiannya juga sangat dibutuhkan. Pasalnya satu angka saja yang salah maka, semua data juga akan menjadi salah.

Baca Juga Proses Mencari Simpangan Baku dengan Rumus yang Tepat

Contoh Soal Mencari Median

Untuk dapat memahami bagaimana caranya menemukan median, tentu lebih mudah ketika dicontohkan. Contoh yang diberikan nanti, harapannya dapat memudahkan pemahaman akan pencarian median. Salah satu contoh kasus atau data yang diberikan misalnya yakni:

  • Pertama: Terdapat data ganjil dengan angka (6,7, 8, 4, 2, 10, 5, 9,11). Berdasarkan data ganjil yang diberikan, selanjutnya urutkan menjadi (2, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11) maka mediannya adalah 7 sebab ada empat angka di setiap sisinya.
  • Kedua: Ada data ganjil dengan angka (14, 4, 6, 8, 12, 10, 2) Berdasarkan data ganjil yang ada, diurutkan menjadi (2, 4, 6, 8, 10, 12, 14) maka mediannya adalah 8 sebab ada tiga angka di setiap sisinya.
  • Ke tiga: Terdapat data genap dengan angka (20, 30, 10, 50, 40, 60) Jika dilihat berdasarkan data, sekarang coba urutkan menjadi (10, 20, 30, 40, 50, 60) maka mediannya 35, karena dua angka di tengah dijumlah dan dibagi dua.
  • Ke empat: Ada data genap dengan angka (70, 80, 90, 22, 50, 35) selanjutnya diurut menjadi (22, 35, 50, 70, 80, 90) maka, mediannya adalah 60, sebab angka tengah ada 50 dan 70 yang dibagi dua.

Berdasarkan contoh yang dijelaskan mudah bukan untuk menemukan nilai median? Cukup dengan mengurutkan setiap angka yang terdapat pada data. Selanjutnya lihat apakah data ganjil atau genap, jika ganjil, ambil nilai tengah, tetapi jika genap maka, jumlah dan bagi dua.

Baca Juga Cara Mencari Simpangan Baku Data Penelitian Skripsi yang Benar

Cara Menentukan Median

Untuk Dapat menentukan median sebenarnya tidak rumit dan sangat sederhana untuk mulai dipelajari dan dipahami siapa pun. Terdapat beberapa tahapan yang dapat dilakukan untuk menentukan median. Simak berikut ini cara menentukan median yang dapat dilakukan di antaranya yaitu:

1. Mengurutkan Angka

Hal yang pertama untuk dilakukan yaitu dengan mengurutkan angka yang terdapat dalam sebuah data. Untuk proses urutan ini dimulai dari yang paling kecil sampai yang besar. Contohnya data yang ada yaitu 8,3,6,5,10 maka, urutannya menjadi 3, 5, 6, 8 10.

2. Menemukan Angka Tengah

Setelah berhasil membuat urutan data dari angka yang paling kecil maka, temukan angka tengah. Penemuan angka tengah dilakukan dari pengambilan data yang sebelumnya telah disajikan. Hal ini tentu dilakukan berdasarkan jumlah data yang ada, ketentuannya yaitu:

  • Apabila jumlah ganjil maka, silangkan angka yang berada di bagian kiri selanjutnya bagian kanan dan ulangi seterusnya.
  • Jika mempunyai data genap maka, angka yang paling kanan dan kiri dapat disilangkan.

Demikianlah penjelasan terkait menentukan median beserta dengan penjelasannya. Tidak hanya itu, cara menemukan median dengan mudah juga bisa dilakukan dengan memahami contoh soalnya yang sebelumnya telah dijelaskan. Jika sudah paham, berapa pun angkanya maka, akan mudah untuk mendapatkan mediannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.