Google Map merupakan salah satu aplikasi penunjuk arah yang sangat populer beberapa tahun belakangan ini. Kita sering menggunakan google map untuk berbagai keperluan dalam keseharian terutama ketika akan bepergian ke tempat-tempat yang belum dikenali.

Aplikasi google map kerap dimanfaatkan untuk banyak keperluan seperti aktivitas harian, kebutuhan pekerjaan, mencari rekomendasi tempat, atau kebutuhan-kebutuhan lain. Beberapa fitur yang melengkapi aplikasi google map membuat aplikasi ini semakin bermanfaat.

Selain menyimpan informasi koordinat lokasi, google map juga menyimpan info foto, rating, ulasan pengunjung, keramaian suatu tempat, sampai rekomendasi pilihan jalan paling efektif untuk mencapai suatu tempat. Ternyata selain fitur-fitur tersebut masih ada beberapa fitur lain di google map yang jarang diketahui. Berikut ulasannya untuk Anda.

  1. Pengingat tempat parkir

Ketika mengunjungi suatu tempat yang besar seperti mall, kejadian lupa tempat parkir seringkali kita alami. Nah, untuk mengatasi hal ini aplikasi google map mempunyai fitur sendiri yang bisa membantu mengingat lokasi parkir kendaraan kita.

Cara menggunakannya cukup mudah. Cukup buka aplikasi google map di smartphone. Kemudian klik lingkaran biru yang menunjukkan lokasi kita. Lalu pilih opsi simpan tempat parkir.

Anda juga menambah catatan berupa foto lokasi parkir serta menambah pengaturan kapan waktu penyimpanan parkir akan kadaluarsa.

  1. Mengukur jarak

Seringkali dalam beberapa keadaan kita perlu mengetahui jarak antara satu titik ke titik yang lain. Jika mengukur secara langsung tentu akan memakan waktu yang cukup lama  dan membutuhkan peralatan sendiri.

Nah, google map memiliki fitur yang bisa mempermudah dalam urusan mengukur jarak antara satu titik dengan titik lain dengan sangat mudah.

Caranya cukup buka aplikasi google map di smartphone. Kemudian tahan lama titik awal pengukuran. Pada bagian menu klik ukur jarak, lalu tentukan titik-titik lain pengukuran. Google map akan memberikan estimasi jarak antar titik tersebut.

  1. Membuat rencana rute perjalanan

Ketika ingin menuju suatu tempat, biasanya kita juga akan menentukan lokasi lain sebagai tempat pemberhentian. Untuk keperluan ini kita bisa menentukan rute perjalanan serta lokasi yang ingin kita singgahi dengan mudah.

Baca Juga Hal Menarik Penelitian Skripsi Tesis Tema Digital Maps

Urutan Langkah Mencari Median Data Tunggal Serta Rumus Tepatnya

Analisis Deskriptif Kualitatif dalam Penelitian, Seperti Apa?

Caranya masuk ke aplikasi google map, kemudian tentukan lokasi tujuan utama perjalanan. Setelah itu klik ikon titik tiga di pojok kanan atas. Setelah itu klik “tambah berhenti”, lalu tentukan titik mana saja di dalam rute yang akan kita kunjungi seperti rumah makan, tempat ibadah, SPBU, atau lokasi-lokasi lain.

Fitur ini juga bisa kita gunakan agar bisa mendapatkan estimasi waktu yang lebih akurat. Kita bisa menambahkan titik berhenti sebanyak mungkin dan google map akan menunjukkan navigasi menuju lokasi tujuan sesuai dengan preferensi rute yang kita pilih. Itulah beberapa fitur di dalam aplikasi google map yang cukup bermanfaat tetapi jarang diketahui.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.