Aplikasi peta dan navigasi belakangan ini semakin populer karena kegunaannya yang sangat banyak dalam keseharian. Aplikasi ini bisa menuntun pengguna agar bisa sampai di tempat yang akan dituju dengan mudah dan tanpa harus bertanya arah kepada orang lain.

Tidak heran jika kemudian semakin banyak bermunculan platform-platform yang menyediakan layanan peta dan GPS dengan variasi fitur yang beragam.

Keberadaan aplikasi maps GPS tentunya bisa memberikan banyak manfaat. Akan tetapi jika pengguna melakukan kesalahan saat menggunakan aplikasi, bukan tidak mungkin aplikasi ini justru akan merugikan pengguna itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang sering pengguna lakukan saat menggunakan aplikasi peta pelacak.

  • Tidak mempersiapkan rute perjalanan

Kesalahan pengguna yang pertama adalah tidak memperhatikan rute yang akan diambil sebelum melakukan perjalanan. Beberapa aplikasi maps GPS biasanya memberikan beberapa alternatif pilihan jalan untuk menuju suatu lokasi. Jika pilihan ditentukan saat kendaran sudah bergerak tentu beresiko pengendara akan mengambil rute yang salah.

Pengendara sebaiknya melakukan survei kecil tentang kondisi jalan serta kondisi lalu lintas jalan tersebut sebelum menentukan rute yang akan diambil. Hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan mengambil rute yang justru merugikan pengendara.

  • Membiarkan baterai perangkat tidak terisi penuh

Kesalahan seperti ini juga umum ditemukan. Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya kita mengisi daya ponsel sampai maksimal sehingga menghindari resiko kehabisan baterai di jalan.

Baca Juga Mengenal Analisis Data dan Manfaat Menggunakan Jasa Analisis Data

Akan lebih baik jika pengendara juga menyiapkan opsi cadangan jika baterai perangkat habis sebelum mencapai tempat tujuan. Contoh seperti membawa serta powerbank saat bepergian.

  • Mempercayakan 100% kepada aplikasi

Hal ini merupakan keputusan yang cukup rentan. Biasanya pengendara tidak mau ambil pusing untuk memilih rute secara manual, tetapi lebih senang mengikuti rekomendasi yang aplikasi tawarkan.

Baca Juga Harus Tahu, Seperti Ini Langkah dan Struktur Proposal Skripsi yang Sistematis

Padahal tidak jarang aplikasi justru memilih rute yang memutar atau membawa kita ke jalur yang sulit untuk dilalui. Maka ada baiknya bagi pengguna aplikasi maps untuk mempertimbangkan setiap pilihan yang ada di aplikasi

  • Tidak memantau kondisi lalu lintas

Aplikasi navigasi saat ini sudah menyediakan fitur untuk mengetahui kondisi lalu lintas di suatu titik. Hal ini menjadi mungkin dengan mengambil informasi lokasi dari pengguna aplikasi yang sama di suatu titik.

Baca Juga Manfaat Jasa Pengolahan Data untuk Mengatasi Kendala Pengolahan Data

Pengguna yang teliti tentunya akan mengecek kondisi lalu lintas terlebih dahulu sebelum memilih rute tertentu.

  • Salah memilih jenis kendaraan

Aplikasi navigasi biasanya memiliki pilihan jenis kendaraan yang digunakan saat melakukan perjalanan. Penting bagi pengguna untuk memilih kendaraan yang sesuai dengan kondisi real karena hal ini akan mempengaruhi rekomendasi rute yang diberikan.

Salah dalam memilih kendaran bisa membawa pengendara pada jalur yang tidak semestinya dilewati.

Itulah beberapa kesalahan umum saat menggunakan aplikasi maps GPS. Yang perlu kita ingat adalah satu kesalahan kecil bisa saja memberikan dampak yang besar jika tidak kita perhatikan baik baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.